Perhatikan, Ini Waktu Terbaik Jika Ingin Lakukan Perjalanan Mudik Aman


Jakarta, Perjalanan mudik dengan kendaraan sendiri memang bisa dilakukan kapan saja, baik pagi, siang, maupun malam hari. Meskipun dirasakan tidak memberi efek apapun terhadap kesehatan, namun dokter menyarankan untuk melakukan perjalanan mudik di waktu tertentu agar tak mengganggu sistem kerja tubuh. Kapankah waktu yang tepat?

"Mengendara itu sebaiknya tidak dilakukan di waktu yang biasanya digunakan untuk tidur, sebab secara alami tubuh akan memberi respons mengantuk. Menurut saya yang ideal memulai perjalanan mudik itu ya saat pagi dan siang hari, sebab pada waktu tersebut kondisi tubuh biasanya sedang fit," terang dr Andreas Prasadja, RPSGT, yang akrab disapa dr Ade, ahli kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Kamis (1/8/2013).

Sebagian besar masyarakat masih sering memulai perjalanan pada malam hari. Alasannya agar volume kendaraan tidak terlalu banyak dan bisa menghindari macet. Namun menurut dr Ade, tubuh yang terbiasa untuk istirahat saat malam akan 'dipaksa' untuk bekerja dan tetap fokus.

"Apalagi kalau pada siangnya masih tetap beraktivitas seperti biasa, saat malamnya tubuh akan benar-benar lelah. Sangat tidak disarankan untuk memaksakan melakukan perjalanan, sangat berbahaya," tutur dr Ade.

Efek yang diakibatkan antara lain kewaspadaan berkurang, mengantuk, dan bahkan berisiko menurunkan sistem kekebalan tubuh. Bukan tidak mungkin jika sudah tidak fokus tapi memaksa berkendara bisa menimbulkan kecelakaan.

"Tapi dikembalikan lagi juga ke kondisi tubuh pengendara itu sendiri. Jika berangkatnya pagi atau siang hari tapi malam-malam sebelumnya kurang tidur ya sama saja, tubuhnya tetap akan tidak fit. Sangat ditekankan bahwa mengendarai kendaraan dalam kondisi mengantuk sama bahayanya dnegan mengendarai saat mabuk. Sebab saat mengantuk bisa dipastikan kemampuan konsentrasi menurun, kewaspadaan juga menurun, refleks berkendara pun juga akan menurun," tegas dr Ade.




Related Posts:

0 Response to "Perhatikan, Ini Waktu Terbaik Jika Ingin Lakukan Perjalanan Mudik Aman"

Posting Komentar