Kanker Paru Diduga Bisa Ditularkan Oleh Kambing


img 
Lyon, Karena lebih berhubungan dengan faktor lingkungan dan gaya hidup, kanker biasanya tidak dikategorikan sebagaipenyakit menular. Namun menurut penelitian, kambing diyakini dapat menularkan sejenis kanker langka yang menyerang paru.
Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dariLouis Pradel Hospital di Prancis itu menunjukkan, orang-orang yang sering terlibat kontak dengan kambing lebih rentan mengalami pneumonic-type adenocarcinoma (P-ADC). Penyakit ini merupakan sejenis kanker paru yang cukup langka.
"Sebelumnya, ilmuwan sudah menemukan ada banyak kemiripan antara kanker paru P-ADC dengan infeksi virus yang mudah menular pada kambing," ungkap Nicolas Girard yang memimpin penelitian tersebut, seperti dikutip dari Indiavision, Senin (26/9/2011.
Berangkat dari dugaan tersebut, Girard dan rekan-rekannya melakukan penelusuran untuk melihat kemungkinan adanya penularan pada manusia. Jika memang ada risiko penularan, maka seharusnya akan diikuti dengan peningkatan risiko P-ADC pada orang yagn sering terlibat kontak dengan kambing.
Dalam penelitian tersebut, Girard melibatkan 44 pasien kanker paru P-ADC dan 132 partisipan sehat. Seluruh faktor risiko yang dimiliki para partisipan diamati, termasuk riwayat keluarga, kebiasaan merokok dan seberapa sering kontak dengan kambing.
Hasil pengamatan menunjukkan, adanya kontak dengan kambing berhubungan dengan risiko kanker paru khususnya P-ADC. Partisipan yang seluruh hidupnya selalu berhubungan dengan kambing punya risiko 5 kali lebih tinggi untuk kena P-ADC dibandingkan jenis kanker paru lainnya.
Berbeda dengan jenis kanker paru pada umumnya, kanker paru P-ADC jarang dikaitkan dengan asap rokok. Penyebab pastinya belum banyak diketahui, namun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa infeksi virus yang ditularkan oleh kambing bisa jadi salah satu penyebabnya.



Sumber : www.detikhealth.com

Related Posts:

0 Response to "Kanker Paru Diduga Bisa Ditularkan Oleh Kambing"

Posting Komentar